Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
RAM Feroelektrik

Transistor Fungsional yang Dapat Memproses dan Menyimpan Informasi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Para peneliti memecahkan tantangan berusia puluhan tahun dalam membangun transistor fungsional yang terintegrasi dengan RAM feroelektrik.

Para peneliti telah menciptakan cara yang lebih layak untuk menggabungkan transistor dan memori pada sebuah chip, yang berpotensi membawa komputasi lebih cepat.

Sebuah chip komputer memproses dan menyimpan informasi menggunakan dua perangkat yang berbeda. Jika para insinyur dapat menggabungkan perangkat-perangkat ini menjadi satu atau menempatkannya di samping satu sama lain, maka akan ada lebih banyak ruang pada sebuah chip, membuatnya lebih cepat dan lebih kuat.

Insinyur Purdue University, Indiana, AS, telah mengembangkan cara jutaan switch kecil yang digunakan untuk memproses informasi - yang disebut transistor - juga dapat menyimpan informasi itu sebagai satu perangkat.

Metode yang dirinci dalam makalah yang diterbitkan di Nature Electronics, menyelesaikan ini dengan menyelesaikan masalah lain yakni menggabungkan transistor dengan teknologi memori berkinerja lebih tinggi daripada yang digunakan di kebanyakan komputer, yang disebut RAM feroelektrik.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top