Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Shell Kembali Mendapat Gugatan Kasus Iklim

Foto : istimewa

Logo Shell.

A   A   A   Pengaturan Font

DEN HAAG - Perusahaan migas Shell, pada hari Selasa (2/4), akan berhadapan dengan tujuh kelompok lingkungan hidup di pengadilan Belanda dan para aktivis iklim menuduh raksasa minyak multinasional tersebut gagal menerapkan keputusan penting pada tahun 2021.

Dikutip dari Barron, hakim di Pengadilan Distrik Den Haag tiga tahun lalu memutuskan bahwa Shell harus mengurangi emisi karbonnya sebesar 45 persen pada tahun 2030, karena Shell berkontribusi terhadap dampak "mengerikan" perubahan iklim.

Keputusan tersebut dipandang sebagai kemenangan "bersejarah" bagi para pegiat perubahan iklim karena ini adalah pertama kalinya sebuah perusahaan berhasil menyelaraskan kebijakannya dengan perjanjian perubahan iklim Paris tahun 2015.

Shell, yang menyebut litigasi "tidak efektif" untuk mengatasi perubahan iklim, mengajukan banding atas keputusan tahun 2021 tersebut, sementara kelompok lingkungan hidup menuduh raksasa minyak tersebut gagal mengambil tindakan.

"Sebuah studi baru mengungkapkan Shell akan terus menginvestasikan miliaran dollar AS dalam proyek minyak dan gas (baru) selama beberapa dekade mendatang," kata Milieudefensie, Friends of the Earth cabang Belanda, yang pertama kali mengajukan kasus tersebut.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top