Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Semoga Tidak Ada Sanksi buat Indonesia

Foto : Behrouz MEHRI / AFP

Signage is seen outside a room at the doping control station during a media tour of the Tokyo 2020 Olympic and Paralympic Village in Tokyo on June 20, 2021.

A   A   A   Pengaturan Font

Kita berharap masalah ini cepat selesai agar kita bisa menyiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik ­untuk ­event-event olahraga yang akan berlangsung di Indonesia. Dan juga agar atlet-atlet kita bisa konsentrasi penuh tanpa memikirkan hal-hal di luar ­pertandingan.

Masih hangat dalam ingatan kita tatkala nama negara Russia "hilang" di Olimpiade Tokyo Agustus lalu. Ya, selama pesta olahraga terbesar di dunia tersebut, nama negara Russia tidak ada sama sekali, baik itu tulisan di kaos atlet yang bertanding maupun dalam susunan perolehan medali. Yang ada hanya tulisan ROC, Russian Olympic Committee.

Bukan haya tulisan nama negara Russia saja yang tidak ada, bendera dan lagu kebangsaan mereka pun dilarang ditampilkan saat upacara penghormatan pemenang. Semua itu lantaran Russia kena sanksi dari Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS, Court of Arbitration for Sport) setelah dituduh menjalankan program doping yang didukung negara.

Sanksi seperti Russia itulah yang kini mengancam Indonesia. Menurut Badan Antidoping Dunia (WADA, World Anti-Doping Agency), Indonesia dinilai tidak mampu memenuhi rencana jumlah tes doping tahunan.

Karena itu, Indonesia terancam dilarang menjadi tuan rumah kejuaraan tingkat regional, continental, atau tingkat dunia selama satu tahun dan bisa diperpanjang.

Padahal ada beberapa agenda kejuaraan olahraga internasional yang akan berlangsung di Indonesia selama setahun ke depan. Turnamen bulu tangkis internasional Indonesia Masters pada November tahun ini, kejuaraan bulu tangkis Indonesia Terbuka akhir November 2021, kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour Finals awal Desember 2021, Kejuaraan Basket Asia di Juni 2022, Piala Asia Sepak Bola Putri U-17 pada Mei 2022), dan World Superbike 2022.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : M. Selamet Susanto

Komentar

Komentar
()

Top