Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Menikmati Kuliner Khas Siput Mata Lembu

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama di Ujung Genteng. Aktivitas-aktivitas yang kebanyakan dilakukan sepanjang pantai akan memberi memori tersendiri setelah kembali.
Pantai Ujung Genteng yang panjang dengan laut biru, pasir putih bersih, menjadi tempat tepat untuk berburu foto-foto instagramable. Ada beberapa titik menarik di pantai ini untuk berfoto. Namun jangan lupa untuk berfoto di depan tulisan Ujung Genteng yang berwarna-warni sebagai penanda pernah ke sana.
Namun salah satu cara mendapatkan foto epik adalah pada sore hari menjelang senja atau pagi hari saat matahari muncul dari peraduannya. Laut biru yang luas dengan langit jingga di atasnya adalah pemandangan alam yang bisa ditampilkan di media sosial.
Di pantai barat Ujung Genteng menjadi tempat pilihan bagi beberapa orang untuk surfing. Olahraga menaklukkan ombak ini bisa dilakukan, karena di sana terdapat ombang yang tidak mudah pecah yang menjadi syarat olahraga tersebut.
Pantainya biasanya digunakan oleh para pemancing untuk melakukan surf casting atau bisa dikenal dengan "mancing pasiran." Caranya pemancing melemparkan kail dengan joran panjang dari bibir pantai ke ombak yang bergulung tempat ikan berenang.
Laut selatan yang masih bersih dari sampah, menjadi surga bagi ikan. Jenis ikan layur, tongkol, tenggiri, kakap dan lobster merupakan hasil tangkapan nelayan tradisional di tempat ini. Wisatawan dapat berbelanja ikan-ikan hasil tangkapan setelah semalaman di tempat pelelangan ikan pada jam 5-9 pagi, saat perahu nelayan bercadik mendarat di pasir pantai.
Membeli di tempat tersebut dijamin harganya lebih murah dan ikannya lebih segar daripada di kota. Tidak perlu khawatir jika ingin membeli dalam jumlah besar, karena penjual akan menyiapkan kotak menyimpan dengan es sebagai pendingin.
Ikan yang telah dibeli juga bisa dimasak di beberapa warung makan di sepanjang pantai. Dengan demikian selain menikmati berbelanja murah wisatawan sekaligus dapat mencicipi cita rasa kuliner masyarakat khas Sukabumi.
Namun selain ikan-ikan Ujung Genteng memiliki kuliner khas berupa olahan siput mata lembu. Kebetulan siput berwarna hijau kecoklatan kawasan wisata cukup berlimpah dan mudah pula didapat di batu-batu karang cukup dengan tangan kosong.
Mata lembu cukup populer di tengah masyarakat wilayah tersebut, khususnya Kecamatan Ciracap. Menu ini merupakan salah satu dari sederet kuliner yang paling banyak diburu oleh para wisatawan
Cara memasak siput tersebut cukup mudah cukup direbus bersama garam selama 15 hingga 20 menit. Cara memakan siput mata lembu setelah direbus adalah cukup dengan mencungkil dagingnya menggunakan lidi. Daging yang terangkat kemudian dicocolkan pada saus sambal.
Selain direbus siput mata lembu bisa dimasak dengan cara ditumis, digoreng maupun dengan cara di sate. Namun sebelum diolah, kotoran yang ada harus bersih agar tidak menimbulkan rasa pusing dan mual setelah dimakan. hay/I-1




Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top