Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Manfaat Makan Langsung Pakai Tangan untuk Kesehatan

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tak semua orang mengonsumsi makanan menggunakan tangan langsung. Bagi mereka yang terbiasa dengan alat makan, hal itu akan menjadi pengalaman bersantap yang baru. Nyatanya, seni makan menggunakan tangan langsung memiliki manfaat untuk kesehatan.

Direktur Rumah Sakit Nagarjuna Ayuverda di negara bagian Kerala, India Selatan, Pallatheri Nambi Namboodiri mengungkapkan, makan dengan tangan membantu dalam menjaga metabolisme yang seimbang. Ini menjadi faktor yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sebab, ketika menggunakan tangan, setiap indera menerima nutrisi.

"Kesehatan bergantung pada seberapa baik agni (metabolisme) seseorang. Bahkan ketika menjelaskan pengobatan dalam Ayurveda, telah disebutkan bahwa melindungi metabolisme adalah kunci dari semua pengobatan. Setelah metabolisme dijaga agar tetap seimbang, seseorang akan tetap seimbang. Ketika kita membahas kesehatan yang optimal, rasa puas juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan darinya. Semua indera kita sama-sama diberi makan dan dipuaskan untuk kesehatan yang baik," kata Namboodiri, dikutip dari Medical Daily, Selasa (2/1)

"Sentuhan adalah indera yang sangat penting yang dikaitkan dengan kesehatan. Ketika kita makan makanan, kita melihat makanan, mencium bau makanan, dan juga berbicara tentang makanan. Semua empat indera ikut ambil bagian dalam proses tersebut. Jika kita makan dengan tangan, kita juga menyertakan sensasi sentuhan," lanjutnya.

Namboodiri menunjukkan bahwa mencampur makanan dengan tangan adalah cara terbaik untuk menghasilkan rasa yang tepat, yang memiliki manfaat terapeutik dalam menyeimbangkan "tridoshas" (tiga energi dasar yang mengatur tubuh manusia, yang disebut "vata", "pitta", dan "kabha" dalam Ayurveda).
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top