Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Cara Mengobati Sakit Kepala Vertigo

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Vertigo adalah perasaan pusing yang terjadi tanpa adanya gerakan yang menyertai. Ini disebabkan oleh indra Anda yang memberi tahu otak Anda bahwa tubuh Anda tidak seimbang, padahal sebenarnya tidak. Vertigo adalah gejala dari kondisi yang mendasarinya, bukan diagnosis itu sendiri. Ini bisa jadi akibat dari beberapa hal berbeda.

Melansir laman healthline, beberapa jenis vertigo hanya akan terjadi satu kali, dan beberapa jenis akan terus berulang hingga ditemukan kondisi yang mendasarinya. Salah satu jenis vertigo yang paling umum disebut benign positional paroxysmal vertigo (BPPV).

BPPV disebabkan oleh endapan yang menumpuk di telinga bagian dalam Anda, yang menavigasi rasa keseimbangan Anda. Neuritis vestibular, stroke, cedera kepala atau leher, dan penyakit Meniere adalah kondisi lain yang dapat menyebabkan vertigo. Jika Anda mengalami vertigo di rumah, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda gunakan untuk mengobatinya.

  • Manuver Epley

Manuver Epley adalah strategi masuk pertama bagi banyak orang yang mengalami vertigo. Menunjukkan bahwa manuver Epley sangat efektif untuk orang dengan BPPV. Anda dapat melakukan manuver di rumah dengan mengikuti prosedur sederhana ini:

Mulailah dengan duduk tegak di permukaan yang datar, dengan bantal di belakang Anda dan dengan kaki terentang.Putar kepala Anda 45 derajat ke kanan.Dengan kepala masih tegak, segera berbaring dengan kepala di atas bantal. Tetap di posisi ini setidaknya selama 30 detik.Perlahan putar kepala Anda ke kiri, 90 derajat penuh, tanpa mengangkat leher Anda.

Libatkan seluruh tubuh Anda, putar ke kiri sehingga Anda benar-benar berada di sisi kiri.Perlahan kembali ke posisi semula, melihat ke depan dan duduk tegak.

Anda juga dapat meminta seseorang membantu Anda dengan manuver Epley dengan memandu kepala Anda sesuai dengan langkah-langkah yang diuraikan di atas. Ini dapat diulangi tiga kali berturut-turut, dan Anda mungkin merasa pusing selama setiap gerakan.

  • Manuver Semont-Toupet

Manuver Semont-Toupet adalah serangkaian gerakan serupa yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengobati vertigo. Manuver ini kurang terkenal, tetapi beberapa studi mengklaim itu sama efektifnya. Sumber Terpercaya Manuver Semont-Toupet sangat mirip dengan Manuver Epley, tetapi membutuhkan lebih sedikit fleksibilitas leher.

Mulailah dengan duduk tegak di permukaan yang datar, dengan bantal di belakang Anda dan dengan kaki terentang.Berbaring, berbelok ke kanan, dan lihat ke sisi kiri, lihat ke atas.

Cepat duduk dan putar ke sisi kiri Anda, dengan kepala menghadap ke kiri. Anda sekarang akan melihat ke bawah ke tanah.Perlahan kembali ke posisi semula, melihat ke depan dan duduk tegak.

  • Gingko biloba

Ginkgo biloba telah dipelajari untuk efeknya pada vertigo dan terbukti sama efektifnya dengan obat resep terkemuka untuk mengobati vertigo. Ekstrak gingko biloba dapat dibeli dalam bentuk cair maupun kapsul. Mengkonsumsi 240 miligram ginkgo biloba setiap hari akan mengurangi gejala vertigo dan membuat Anda merasa lebih seimbang.

  • Manajemen stres

Beberapa kondisi yang menyebabkan vertigo, termasuk penyakit Meniere, dapat dipicu oleh stres. Mengembangkan strategi koping untuk mengatasi keadaan stres dapat mengurangi episode vertigo Anda. Berlatih meditasi dan teknik pernapasan dalam adalah tempat yang baik untuk memulai. Stres jangka panjang bukanlah sesuatu yang dapat Anda hirup begitu saja, dan seringkali penyebab stres bukanlah hal-hal yang dapat Anda hilangkan dari hidup Anda. Menyadari apa yang menyebabkan stres dapat mengurangi gejala vertigo Anda.

  • Yoga dan tai chi

YogaTrusted Source dan tai chi dikenal dapat mengurangi stres sekaligus meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Terapi fisik yang dilakukan dalam pengaturan rawat jalan melatih otak Anda untuk mengkompensasi penyebab vertigo Anda, dan olahraga yang Anda lakukan di rumah dapat meniru efek ini. Cobalah pose yoga sederhana, seperti Pose Anak dan Pose Mayat, saat Anda merasa pusing. Berhati-hatilah terhadap apa pun yang melibatkan membungkuk ke depan secara tiba-tiba, karena hal itu dapat membuat gejala Anda terasa lebih kuat untuk sementara.

  • Tidur yang cukup

Perasaan vertigo bisa dipicu oleh kurang tidur. Jika Anda mengalami vertigo untuk pertama kalinya, hal itu mungkin disebabkan oleh stres atau kurang tidur. Jika Anda dapat menghentikan apa yang sedang Anda lakukan dan tidur sebentar, Anda mungkin menemukan bahwa perasaan vertigo Anda telah teratasi dengan sendirinya.

  • Hidrasi

Terkadang vertigo disebabkan oleh dehidrasi sederhana. Mengurangi asupan natrium Anda dapat membantu. Tetapi cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum banyak air. Pantau asupan air Anda dan cobalah memperhitungkan kondisi panas, lembab, dan berkeringat yang mungkin membuat Anda kehilangan cairan ekstra. Rencanakan untuk minum lebih banyak air saat Anda cenderung mengalami dehidrasi. Anda mungkin menemukan bahwa hanya dengan menyadari berapa banyak air yang Anda minum membantu mengurangi episode vertigo.

  • Vitamin D

Jika Anda curiga vertigo Anda terkait dengan sesuatu yang tidak Anda konsumsi dalam diet, Anda mungkin benar. Sebuah studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala pada orang yang menderita BPPV, penyebab paling umum dari vertigo. Segelas susu yang diperkaya atau jus jeruk, tuna kalengan, dan bahkan kuning telur semuanya akan meningkatkan kadar vitamin D Anda. Minta dokter Anda memeriksa kadar vitamin D Anda sehingga Anda tahu apakah Anda membutuhkan lebih banyak dalam makanan Anda atau jika Anda membutuhkan suplemen.

  • Menghindari alkohol

Selain pusing yang Anda rasakan saat minum, alkohol sebenarnya dapat mengubah komposisi cairan di telinga bagian dalam Anda, menurut Asosiasi Gangguan Vestibular. Alkohol juga membuat Anda dehidrasi. Hal-hal ini dapat memengaruhi keseimbangan Anda bahkan saat Anda dalam keadaan sadar. Mengurangi konsumsi alkohol, atau bahkan berhenti sama sekali, dapat membantu gejala vertigo. arn

(arn/arisn)
Redaktur : Aris N

Komentar

Komentar
()

Top