Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

3 Panda Raksasa di AS Dipulangkan ke Tiongkok Lebih Cepat

Foto : AP/Jose Luis Magana

Panda raksasa Xiao Qi Ji bermain di kandangnya di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington, Kamis, 28 September 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Tiga panda raksasa selebriti di Kebun Binatang Nasional AS di Washington akan pulang lebih cepat dari perkiraan. Mei Xiang dan Tian Tian serta anaknya Xiao Qi Ji akan kembali ke Tiongkok sekitar pertengahan November.

Perjanjian pertukaran satwa dengan pemerintah Tiongkok, yang ditengahi oleh Presiden Richard Nixon 50 tahun lalu, sedianya akan berakhir pada 7 Desember mendatang. Negosiasi yang sedang berlangsung untuk memperpanjang perjanjian belum membuahkan hasil.

Para pengamat Tiongkok berspekulasi bahwa Beijing secara bertahap menarik panda-panda tersebut dari kebun binatang negara-negara Barat akibat memburuknya hubungan diplomatik Tiongkok dengan AS dan negara lainnya.

Para pecinta panda di seluruh negeri telah mendanai Desember sebagai kesempatan terakhir mereka melihat beruang ikonik itu. Namun pihak kebun binatang, untuk alasan yang tidak diungkapkan, mengatakan pemberangkatan panda-panda itu akan dilakukan tiga minggu sebelumnya.

"Diskusi dengan mitra kami di Tiongkok, Asosiasi Konservasi Margasatwa Tiongkok, untuk mengembangkan program panda raksasa di masa depan kemungkinan akan dimulai setelah panda-panda yang ada saat ini kembali ke Tiongkok," kata juru bicara kebun binatang Annalisa Meyer melalui email kepada Associated Press, Kamis (26/10).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Lili Lestari

Komentar

Komentar
()

Top