AP I Kembangkan Sejumlah Bandara | Koran Jakarta
Koran Jakarta | November 27 2020
No Comments

AP I Kembangkan Sejumlah Bandara

AP I Kembangkan Sejumlah Bandara

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) I mengembangkan sejumlah bandara yang dikelolanya. Pengembangan itu di­maksudkan untuk memperluas konektivitas dan menin­gkatkan kapasitas trafik angkutan udara di wilayah ten­gah dan timur Indonesia sehingga dapat mendukung arus wisatawan mancanegara ke berbagai wilayah di Indonesia

Direktur Utama PT AP I (Persero), Faik Fahmi men­gungkapkan, hingga 2020, AP I mengelola 15 bandara se­cara komersial di tengah dan timur Indonesia. Pihaknya juga terus mendorong pertumbuhan perekonomian me­lalui penyediaan infrastruktur konektivitas nasional yang efisien serta mendukung pengembangan konektivitas dan fasilitas pendukung pariwisata.

“Pada akhirnya pengembangan juga dapat berkontribu­si terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia,” kata Faik dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/10).

Dia mencontohkan, di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, proyek pengembangan men­cakup perluasan terminal penumpang menjadi 166.815 meter persegi (m2) dengan daya tamping 15 juta penump­ang per tahun. Saat ini, luas terminal sekitar 51.815 m2 den­gan kapasitas tamping 7 juta penumpang per tahun. Pro­gres pengerjaan saat ini mencapai 55,17 persen dan ditar­getkan selesai pada Mei 2021.

Selain itu, dia juga mengatakan API I tengah mengem­bangkan Bandara Internasional Lombok Praya untuk men­dukung pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP 2021.

mza/E-10

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment