Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tidur Nyenyak Dapat Melindungi dari Kehilangan Memori Alzheimer

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, pembelajaran, dan perilaku. Adapun salah satu cara yang dapat membantu mencegah gejala Alzheimer yakni tidur yang berkualitas.

Tim peneliti dari University of California, Berkeley mengungkapkan bahwa tidur nyenyak atau tidur yang berkualitas dapat melindungi orang dewasa yang lebih tua dari kehilangan memori yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer.

Tidur nyenyak, juga dikenal sebagai tidur gelombang lambat non-REM, dapat bertindak sebagai penyangga terhadap penurunan kognitif dengan memberikan perlawanan terhadap protein di otak, yang disebut beta-amiloid, yang terkait dengan kehilangan memori.

Keberadaan protein dalam otak membentuk gumpalan yang disebut plak amiloid, yang mengganggu komunikasi antara sel-sel saraf otak dan berkontribusi pada kematian sel-sel ini. Hal ini pada akhirnya menyebabkan hilangnya memori.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa akumulasi protein beta-amiloid yang lebih cepat di otak berkaitan dengan kualitas tidur yang buruk, demikian dilaporkan Berkeley News.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top