Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sungai Bengawan Solo Purba

Sadeng, Ujung Aliran Sungai Bengawan Solo Purba

Foto : KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Pantai Sadeng.

A   A   A   Pengaturan Font

Selain fenomena unik di Dusun Wotawati, peristiwa alam lainnya terjadi di Teluk Sadeng.

Selain fenomena unik di Dusun Wotawati, peristiwa alam lainnya terjadi di Teluk Sadeng. Dahulu teluk ini menjadi muara dari Sungai Bengawan Solo. Karena tidak lagi ada aliran air sungai dari hulunya, teluk ini berubah menjadi pantai dengan perbukitan kapur di kanan kirinya.

Jalur dari muara Bengawan Solo purba di Kabupaten Gunungkidul bisa disaksikan dengan jelas pada jalur jalan menuju Pantai Sadeng lalu ditelusuri ke utara melewati Dusun Wotawati salah satunya. Penelusuran ini seperti melayangkan imajinasi evolusi wilayah ini pada empat juta tahun yang lalu.

Sebelum sampai di Pantai Sadeng bisa menikmati aliran Bengawan Solo purba tepatnya di wilayah Kecamatan Girisubo, sebuah ibu kota kecamatan di Kabupaten Gunungkidul. Di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), aliran sungai purba ini hanya di kecamatan ini, selebihnya berada di Kabupaten Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Di sepanjang jalan di Girisubo wisatawan bisa menikmati lembah dan perbukitan Bengawan Solo purba hingga berakhir di Pantai Sadeng. Pemandangan ini seperti mengajak menenggelamkan diri ke masa lalu saat daratan mengalami pengangkatan sehingga alirannya berubah arah.

Jalur jalan menuju Pantai Sadeng tidak hanya melewati tebing di sisi aliran sungai itu. Jalan ini juga turun ke bawah menyusuri lembah terutama ketika mulai mendekati wilayah pantai dimana jalanan telah berada di area bekas sungai.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top