Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pakar UGM: Setelah Makan Nasi Jangan Langsung Konsumsi Pisang, Bahaya

Foto : Istimewa

Ilustrasi pisang.

A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Penderita diabetes perlu memodifikasi gaya hidup termasuk makanan yang dikonsumsinya. Termasuk salah satunya jangan langsung makan pisang setelah makan nasi.

Simak penjelasan lengkap pakar dari Departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi FKKMK UGM, Lastdes Cristiany Friday, dikutup dari rilis UGM, kemarin.

Lastdes menyampaikan penderita diabetes mengalami gangguan di mana rilis dari insulinnya terganggu sehingga gula darahnya cepat naik dan tidak stabil. Oleh karena itu, agar gula darahnya stabil, kuncinya terdapat pada gula darah dengan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Namun, kita harus memperhatikan kebutuhan kalori terlebih dahulu.

"Secara prinsip gizi, kebutuhan kalori adalah hal yang perlu kita perhatikan terlebih dahulu. Penyumbang utama kalori dalam gizi adalah karbohidrat, yaitu 60% dari total keseluruhan kalori adalah karbohidrat, sisanya 25% lemak, 15-20% dari protein. Kebutuhan kalori tergantung dari berat badan, tinggi badan, jelas kelamin, usia," ujarnya.

Selanjutnya Lastdes menyampaikan setelah memperhatikan kebutuhan kalori, barulah kemudian disusun pengaturan makanannya, dengan memperhatikan indeks glikemik. Indeks glikemik ditentukan oleh kandungan karbohidrat dan kandungan seratnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top