Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Mental

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Olahraga teratur dapat memberikan dampak positif yang besar bagi kesehatan mental. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini menyimpulkan bahwa terapi lari memiliki efek pada depresi dan kecemasan yang mirip dengan antidepresan.

Karya ilmiah yang dipresentasikan pada Kongres European College of Neuropsychopharmacology (ECNP) Oktober 2023 di Barcelona menemukan bahwa program olahraga juga menghasilkan hasil fisik yang lebih baik, meskipun hasil penelitian menunjukkan bahwa bertahan dengan aktivitas rutin adalah sebuah tantangan.

"Antidepresan bekerja untuk kebanyakan orang, kita tahu bahwa tidak mengobati depresi sama sekali akan menyebabkan hasil yang lebih buruk, jadi antidepresan umumnya merupakan pilihan yang baik," kata penulis utama studi, Brenda Penninx, PhD, seorang profesor epidemiologi psikiatri di Vrije University di Amsterdam, dikutip dari Everyday Health, Selasa (10/10).

"Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa terapi lari dapat mengurangi gejala depresi, setidaknya pada beberapa orang yang mengalami depresi. Efeknya terhadap hasil kesehatan mental cukup sebanding dengan yang terlihat pada kelompok yang menggunakan antidepresan," tambahnya.

Penninx menekankan bahwa program olahraga tidak dapat menggantikan obat-obatan, melainkan ditawarkan sebagai pilihan pengobatan tambahan yang diberikan dengan cara yang dilatih dan diawasi dengan baik oleh staf yang terlatih.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top