Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Liburan dengan Waspada

Foto : ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa

Warga bergotong royong memotong pohon yang tumbang menutupi jalan saat hujan lebat di Karangduren, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (9/12/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia.

A   A   A   Pengaturan Font

Penting bagi mereka yang hendak berlibur untuk sering-sering memantau atau mencari tau tentang perkembangan cuaca setiap hari. Terlebih untuk mereka yang liburan di alam terbuka agar menjauh dari tempat-tempat rawan bencana seperti lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon mudah tumbang, hingga tepi pantai.

Libur panjang Natal dan akhir tahun segera tiba. Meski pemerintah tidak lagi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 secara nasional, namun masyarakat harus tetap waspada dalam liburannya.

Selain waspada terhadap penularan Covid-19 dari varian baru omicron dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, masyarakat juga diminta tetap waspada terhadap cuaca buruk selama Desember hingga awal Januari sebagai dampak La Nina. Catatan historis menunjukkan bahwa La Nina pada 2020 menyebabkan peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia sebesar 20-70 persen dari kondisi normalnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Dari laman resmi BMKG di Jakarta disebutkan, cuaca tersebut kemungkinan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Prakiraan cuaca seperti itu juga berlaku bagi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Selain itu, hujan lebat juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

BMKG memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter antara lain di Perairan Selatan Jawa hingga Lombok, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatera, Perairan Enggano - Bengkulu dan Perairan Utara Manokwari - Pulau Biak. Selain itu, perlu juga diwaspadai gelombang sangat tinggi 4-6 meter di Laut Natuna Utara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Koran Jakarta
Penulis : Koran Jakarta

Komentar

Komentar
()

Top