Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Cuaca Ekstrem

Lapisan Es di Greenland Mencair Akibat Gelombang Panas

Foto : SAUL LOEB/AFP

GELOMBANG PANAS I Lapisan gletser es dan fjord surut di dekat Kangerlussuaq, Greenland, beberapa waktu lalu. Gelombang panas di Greenland, dengan suhu lebih dari sepuluh derajat di atas norma musiman, telah menyebabkan pencairan “besar-besaran” lapisan es Greenland.

A   A   A   Pengaturan Font

KOPENHAGEN - Para peneliti Denmark mengatakan lapisan es di Greenland telah mengalami "peristiwa pencairan besar-besaran" selama gelombang panas yang mencapai suhu lebih dari 10 derajat di atas normal musiman.

Situs web Polar Portal yang dikelola oleh para peneliti ilmuwan Denmark itu melaporkan sejak Rabu (29/7), lapisan es yang menutupi wilayah Arktik yang luas, telah mencair sekitar delapan miliar ton per hari, dua kali lipat dari rata-rata selama musim panas.

Institut Meteorologi Denmark melaporkan suhu lebih dari 20 derajat Celsius, lebih dari dua kali suhu musim panas rata-rata normal, di Greenland utara. Bandara Nerlerit Inaat di timur laut wilayah itu, pada Kamis, mencatat 23,4 derajat, rekor tertinggi sejak pencatatan dimulai.

"Dengan gelombang panas yang mempengaruhi sebagian besar Greenland hari itu, peristiwa pencairan besar-besaran yang melibatkan air yang cukup untuk menutupi Florida hingga dua inci (5 sentimeter) air," bunyi laporan tersebut.

Lebih Besar
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top