Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Strategi Bisnis

Para Pemimpin Perusahaan Akan Tingkatkan Investasi pada AI

Foto : PAU BARRENA/AFP

Ilustrasi penerapan AI di beberapa perangkat elektronik.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Dalam bisnis, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi alat penting yang mengubah cara perusahaan mendekati pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Menurut penelitian Tamara Franklin, seorang Konsultan Operasi Konten, hampir 9 dari 10 pemimpin bisnis bersiap meningkatkan investasi mereka pada AI dan pembelajaran mesin ataumachine learning (ML), khususnya di bidang pemasaran.

Inti dari revolusi AI adalah kemampuan untuk mensegmentasi perilaku dan menargetkan kelompok pelanggan tertentu dengan tepat. Ini tentang membuat keputusan yang lebih cerdas, menyusun strategi yang lebih personal, dan memahami kebutuhan pelanggan secara lebih mendalam, yang semuanya penting di berbagai unit bisnis.

Dikutip dari Sprout Social, dieksplorasi beragam peran yang dimainkan AI dalam meningkatkan fungsi bisnis, seperti pemasaran, operasi, pengembangan produk, sumber daya manusia, dukungan pelanggan, dan keamanan. Setiap domain mendapat manfaat dari kemampuan AI untuk menyederhanakan proses, meningkatkan efisiensi, dan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, menjadikan setiap interaksi dan keputusan lebih bermakna dan efektif.

Memberi Manfaat

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Universitas Surabaya (Ubaya), Wibisono Hardjopranoto, mengatakan, perkembangan pesat teknologi AI dalam sendi-sendi kehidupan adalah tidak terelakkan dan mampu memberi manfaat efisiensi yang jelas membawa nilai manfaat keekonomian.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top