Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Strategi Pembangunan

Kenaikan Tarif AS untuk Tiongkok Jadi Kebijakan Sangat Strategis

Foto : SAUL LOEB/AFP

Menteri Keuangan AS, Janet Yellen

A   A   A   Pengaturan Font

ATLANTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Amerika Serikat (AS), Janet Yellen, membela kenaikan tarif yang dilakukan Presiden Joe Biden terhadap barang-barang tertentu asal Tiongkok sebagai kebijakan yang sangat strategis, namun proposal tarif yang diajukan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, akan jauh lebih luas dan meningkatkan biaya bagi konsumen.

Yellen pada konferensi pers di Atlanta, Kamis (20/6) mengatakan tarif baru Biden ditujukan untuk melindungi kendaraan listrik, produk energi surya, dan semikonduktor dari kelebihan kapasitas Tiongkok yang disebabkan oleh investasi berlebihan Beijing.

"Pemerintah menolak untuk membiarkan perusahaan-perusahaan AS di sektor-sektor ini bangkrut dengan melakukan dumping ekspor yang terkoordinasi oleh Tiongkok," kata Yellen.

Negara-negara lain juga mengambil tindakan serupa, kata Yellen, sambil memperhatikan pernyataan para pemimpin G7 pada bulan Juni yang menentang kebijakan industri dan bisnis Tiongkok.

Berlakukan Bea Masuk
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top