Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Prospek 2021 | Pertumbuhan Ekonomi Tahun Depan Diprediksi di Bawah Target Pemerintah

Konsumsi Masih Jadi Tumpuan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah perlu mendorong reformasi dan transformasi khususnya dalam stimulus ekonomi yang selama ini masih lebih fokus stimulus fiskal ketimbang nonfiskal.

JAKARTA - Ekonomi Indonesia memiliki peluang untuk pulih lebih baik tahun depan dibandingkan negara lain karena didukung struktur ekonomi yang lebih kuat. Konsumsi domestik diperkirakan masih menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi tahun depan.

"Masing-masing negara mengalami perbaikan pada kuartal tiga. Ini menjadi harapan karena indikator yang positif, meski sangat dini, namun menjadi harapan pulih berkelanjutan," kata Ekonom dan pendiri Center of Reform on Economics (Core), Hendri Saparini, dalam Core Economic Outlook 2021 secara virtual di Jakarta, Rabu (18/11).

Menurut dia, ada dua indikator ekonomi Indonesia pulih lebih baik yakni ekonomi RI masih didasarkan pada ekonomi domestik seperti konsumsi rumah tangga dengan porsi mencapai 58 persen. Selain itu, indikator kedua yakni perdagangan internasional Indonesia dibandingkan produk domestik bruto (PDB) masih terbilang rendah.

"Dua faktor ini yang memungkinkan kita bisa pulih lebih baik pada 2021," katanya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Muchamad Ismail, Antara

Komentar

Komentar
()

Top