Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Fenomena Luar Angkasa

Ilmuwan Saksikan Ledakan Dramatis Bintang Merah Raksasa

Foto : ISTIMEWA

Ilustrasi bintang merah raksasaPeluncuran

A   A   A   Pengaturan Font

BERKELEY - Ilmuwan untuk pertama kalinya menyaksikan secara langsung ledakan dahsyat dan dramatis bintang merah raksasa, yang sekaligus mengakhiri riwayat bintang tersebut. Fenomena tersebut biasa disebut supernova.

"Untuk pertama kalinya, kami menyaksikan bintang merah raksasa meledak. Ini menjadi terobosan untuk memahami apa yang terjadi dengan bintang-bintang raksasa sebelum mereka mati," kata saintis dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat, dan penulis utama penelitian ledakan bintang yang dimuat di majalah ilmiah, The Astrophysical Journal, Wynn Jacoson-Galan.

Ia menambahkan pengamatan atas ledakan pada benda angkasa yang diberi kode SN 2020tlf itu telah "membuka tabir-tabir yang sebelumnya masih menjadi misteri".

Mendeteksi lebih banyak supernova akan berdampak besar tentang bagaimana para ilmuwan mendefinisikan masa-masa akhir evolusi bintang. Sekarang, para ilmuwan setidaknya bisa mengetahui apa yang terjadi pada momen terakhir sebelum bintang-bintang meledak hebat dan kemudian mati.

Sangat Cemerlang
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top