Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Gedung Pencakar Langit di Kota Shenzhen Bergetar Hingga Picu Kepanikan

Foto : CGTN

SEG Plaza di Kota Shenzhen, Tiongkok

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Penghuni salah satu gedung pencakar langit tertinggi di Kota Shenzhen, Tiongkok, dievakuasi pada Selasa (18/5) setelah bangunan itu berguncang dan menimbulkan pembeli yang panik lari ke tempat aman.

SEG Plaza setinggi hampir 300 meter (980 kaki) terasa bergetar mulai sekitar jam 1 siang, hingga mendorong evakuasi orang-orang di dalam sementara pejalan kaki melihat dengan mulut ternganga dari jalan-jalan di luar.

"Bangunan itu ditutup rapat pada 14.40," menurut laporan media lokal.

Selesai pada 2000, menara ini adalah rumah bagi pasar elektronik utama serta berbagai kantor di pusat kota salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Tiongkok.

"Pejabat manajemen darurat sedang menyelidiki apa yang menyebabkan menara di Distrik Futian Shenzhen itu bergoyang," menurut sebuah posting di platform Weibo. "Setelah memeriksa dan menganalisis data dari berbagai stasiun pemantau gempa di seluruh kota, tidak ada gempa bumi di Shenzhen hari ini," kata pernyataan itu. "Penyebab guncangan sedang diverifikasi oleh berbagai departemen,".

Belum jelas bagaimana pihak berwenang akan menangani apa yang dialami salah satu bangunan tertinggi di jantung kota dengan berpenduduk lebih dari 12 juta orang itu.

Video pengamat yang diterbitkan oleh media lokal di Weibo menunjukkan gedung pencakar langit itu berguncang di fondasinya ketika ratusan pejalan kaki yang ketakutan melarikan diri ke luar.

"SEG telah sepenuhnya dievakuasi," tulis seorang pengguna Weibo dalam keterangan video ratusan orang yang berseliweran di jalan perbelanjaan yang luas di dekat menara.

Menara ini dinamai sesuai dengan produsen semikonduktor dan elektronik Shenzhen Electronics Group, yang kantornya berlokasi di gedung tersebut.

Gedung pencakar langit ini adalah bangunan tertinggi ke-18 di Shenzhen, menurut database gedung pencakar langit Council on Tall Buildings and Urban Habitat.

Lima dari gedung pencakar langit tertinggi di dunia terletak di Tiongkok, termasuk gedung tertinggi kedua di dunia, Menara Shanghai, yang berdiri di ketinggian 632 meter.

Shenzhen adalah kota metropolis yang luas di wilayah Tiongkok selatan, dekat dengan Hong Kong. Banyak raksasa teknologi Tiongkok, termasuk Tencent dan Huawei, telah memilih kota itu sebagai markas mereka. AFP/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top