Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Fantastis Jumlahnya Banyak Sekali! Badan Antariksa Inggris dan Eropa Gelontorkan Belasan Juta Dolar Demi Misi Bersih-bersih Luar Angkasa

Foto : Istimewa

Satelit misi ELSA-M.

A   A   A   Pengaturan Font

Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Badan Antariksa Inggris dikabarkan siap menggelontorkan 15,9 juta dolar AS sebagai dukungan finansial terhadap misi ELSA-M sebuah tes 'pelayanan sampah antariksa' yang digagas oleh perusahaan layanan antariksa asal Tokyo, Astroscale, bersama penyedia satelit broadband OneWeb.

Menteri Sains Inggris George Freeman juga menyebut misi ELSA-M sebagai solusi atas permasalahan sampah antariksa.

"Dengan ribuan satelit yang sudah mengorbit dan ribuan lainnya diluncurkan setiap tahun, mengatasi masalah sampah antariksa dan menemukan cara baru untuk menyingkirkan pesawat luar angkasa yang mati dan jenis sampah antariksa lainnya adalah hal yang selalu ada. semakin penting untuk mengurangi biaya kerusakan puing bagi operator satelit dan memastikan ruang aman dan berkelanjutan.

Layanan ELSA-M nantinya akan memungkinkan untuk menangkap dan memindahkan beberapa satelit dalam satu misi sekaligus begitu mereka mencapai akhir masa operasionalnya. Sistem Astroscale sendiri bergantung pada pelat dok magnetik yang dipasang ke pesawat ruang angkasa sebelum diluncurkan sehingga pesawat ruang angkasa pemburu dapat menyeret satelit ke bawah setelah misi berakhir.

Melalui keterangan resmi Astroscale, mereka menuturkan misi ELSA-M didasarkan pada program kemitraan yang diluncurkan pada tahun 2019 antara Badan Antariksa Eropa (ESA) dan OneWeb untuk mendukung kemajuan teknologi generasi berikutnya, mulai dari kecerdasan buatan untuk menerbangkan satelit muatan baru, termasuk secara aktif mendukung penelitian pembersihan puing-puing.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Suliana

Komentar

Komentar
()

Top