Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Bail System untuk Kurangi Ekses Negatif di Rumah Tahanan

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Penahanan seorang tersangka dapat ditunda ­dengan jaminan uang (bail system) Bail system juga bisa menghemat karena akan mengurangi secara signifikan anggaran negara untuk ­membangun rumah tahanan baru.

Sudah menjadi rahasia umum kalau penghuni baru di rumah tahanan (rutan) atau pun lembaga pemasyarakatan (lapas) dikerjain oleh penghuni lama, semacam plonco saat kita masuk perguruan tinggi.

Cara senior ngerjain orang baru di rutan bermacam-macam. Ada yang disuruh menunjukkan keahliannya, disuruh mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang bukan menjadi tanggung jawabnya, di-bully, dan ada juga yang diajak berkelahi ataupun dikeroyok berama-ramai.

Artis cantik Julia Perez (almarhumah) termasuk orang yang beruntung. Saat pertama masuk Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jupe hanya dikerjain ringan. Tahu kalau penghuni baru adalah penyanyi, senior-seniornya pun menyuruh Jupe menyanyi sebelum dierbolehkan duduk dan rebahan di selnya.

Beda nasib dengan Ferdian Paleka, youtuber asal Bandung ini tidak semujur Jupe. Saat berada di Tahanan Mapolresta Bandung, youtuber yang viral karena prank sembako sampah kepada waria ini dikabarkan menjadi korban perundungan tahanan lain, rambutnya digunduli. Selain itu, ada juga video yang beredar saat ia melakukan push up sambil mengatakan saya bodoh.

Yang terbaru, yang lagi ramai diperbincangkan adalah dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh Irjen Polisi Napoleon Bonaparte terhadap Muhammad Kosman alias Muhammad Kace. Napoleon dan Kace sama-sama penghuni Rumah Tahanan Bareskrim Polri. Kace ditahan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama, sementara Irjen Napoleon ditahan sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : M. Selamet Susanto

Komentar

Komentar
()

Top