Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Aksi Massa Ancam Stabilitas Global

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Poltak Partogi Nainggolan, PhD

Situasi dunia sepanjang tahun 2019 diwarnai aksi massa atau unjuk rasa di berbagai negara. Demonstrasi sebagai refleksi perasaan, pendapat, serta pernyataan sikap warga memang hak dasar atau asasi yang dilindungi Konvensi Hak Asasi Manusia (HAM) PBB yang diadopsi di Paris tahun 1948.

Aksi ini makin banyak terjadi di berbagai negara yang menerapkan sistem demokrasi. Kasus Hong Kong, misalnya, menandai unjuk rasa fenomenal anak-anak muda milenial yang tidak kenal takut menentang tekanan elite politik domestik dan rezim otokrasi Beijing.

Protes massa tokoh belasan tahun, Joshua Wong dan Agnes Chow, sejak RUU Ekstradisi yang akan mengirim tertuduh kriminal diadili di daratan dibahas di parlemen Juli 2019.

Di Eropa, protes massa kelompok "Gillets Jaunes" menarik warga Prancis ke jalan-jalan dari November 2018 hingga sekarang. Protes massa yang terjadi hampir setiap minggu dan semula berlangsung tertib ini lalu menjadi bentrokan serius. Banyak aksi pembakaran di Paris dan kota-kota besar lain.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top