Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Turunkan Emisi, Prancis Mulai Melarang Penerbangan Domestik

Foto : Istimewa

Pesawat maskapai Air France.

A   A   A   Pengaturan Font

PARIS - Berkeliling Prancis dengan terbang ke kota-kota seperti Paris, Bordeaux, dan Lyon segera menjadi sesuatu dari masa lalu karena pemerintah negara itu telah mengumumkan larangan penerbangan domestik jarak dekat.

Mulai April 2022, beberapa penerbangan domestik untuk rute yang dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam 30 menit dengan kereta api akan berhenti beroperasi sesuai dengan upaya pemerintah Prancis untuk mengatasi perubahan iklim dan menurunkan emisi karbon dari perjalanan udara.

Sementara itu tidak sedrastis yang pertama kali muncul, dan bahkan mungkin lebih tokenistik daripada benar-benar progresif, implikasi untuk perjalanan di Prancis, serta perjalanan yang lebih luas di Uni Eropa, ini dapatdiduga akan mengubah cara kita bergerak di sekitar benua Eropa pada masa depan.

"Langkah yang sangat ragu-ragu ke arah yang benar," kata Greenpeace, yang merilis laporan ekstensif tentang masalah ini tahun lalu, yang mewakili kurang dari 1 persen pengurangan emisi karbon untuk industri penerbangan terkemuka di negara itu.

Laporan di atas menunjukkan berbagai negara di Uni Eropa bergerak cepat untuk melarang perjalanan domestik jarak dekat yang dapat dicapai dalam waktu kurang dari 6 jam dengan kereta api. Sementara langkah awal Prancis untuk menghilangkan perjalanan domestik tidak terlalu tinggi, bisa jadi ini hanyalah langkah pertama dalam perombakan industri penerbangan yang lebih luas.Dan jika itu masalahnya, bukan hanya Prancis, atau bahkan Eropa yang akan terpengaruh, mengingat urgensinya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top