Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sejarah Russia

Transportasi Pasokan yang Jadi Harapan Keselamatan

Foto : afp/Olga MALTSEVA
A   A   A   Pengaturan Font

Saat pengepungan Leningrad, insinyur kereta didatangkan oleh Russia untuk memperbaiki jalur dan jembatan. Selama satu pekan mereka memakan persediaan makanan yang ditinggalkan Jerman saat mundur.

Saat pengepungan Leningrad, insinyur kereta didatangkan oleh Russia untuk memperbaiki jalur dan jembatan. Selama satu pekan mereka memakan persediaan makanan yang ditinggalkan Jerman saat mundur. Hasilnya, dan menurut standar orang-orang di Leningrad, mereka makan dengan baik dan semua perbaikan yang diperlukan pada jalur tersebut diselesaikan hanya dalam waktu satu pekan.

Persediaan mulai mengalir ke kota yang terkepung. Jalur pasokan lainnya adalah menggunakan Danau Ladoga yang membeku. Ironisnya, meskipun cuaca sangat dingin bagi penduduk Leningrad, suhunya tidak cukup dingin untuk membekukan danau sehingga mampu menahan beban truk. Danau itu cukup beku untuk menghentikan kapal tongkang yang membawa perbekalan.

Ketebalan es baru mencapai titik beku yang cukup pada akhir November, dan pada 26 November, delapan truk meninggalkan Leningrad, menyeberangi danau dan kembali dengan membawa 33 ton makanan. Ini merupakan pencapaian besar, namun kota ini membutuhkan 1.000 ton makanan setiap hari agar bisa berfungsi.

Setelah es terbukti andal dan aman, lebih banyak perjalanan dilakukan dan terkadang moda transportasi ini membawa 100 ton makanan setiap hari. Meskipun 'Jalan Kehidupan', sistem kereta dan penggunaan Danau Ladoga memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan Leningrad, hal-hal tersebut tidak dapat menyediakan semua yang dibutuhkan.

Catatan kota menunjukkan bahwa 52.000 orang meninggal pada bulan Desember 1941 akibat kekurangan makanan dan hawa dingin menyebabkan lebih dari 1.600 kematian setiap hari. Namun, angka-angka yang dikumpulkan oleh pemerintah kota adalah untuk mereka yang diketahui telah meninggal dan dikuburkan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top