Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tiongkok Tak Akan Tinggal Diam Jika Pelosi ke Taiwan, Biden: Saya Akan Bicara dengan Presiden Xi Jinping

Foto : istimewa

Presiden AS Joe Biden bicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui panggilan video, Maret 2022.

A   A   A   Pengaturan Font

JOINT BASE ANDREWS - Presiden AS Joe Biden mengatakan akan bicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping akhir bulan ini saat ketegangan meningkat antar-kedua negara terkait isu Taiwan dan perdagangan.

"Saya rasa saya akan bicara dengan Presiden Xi dalam 10 hari ke depan," kata Biden kepada wartawan saat kembali dari perjalanan ke Massachusetts, Rabu (20/7).

Pembicaraan panjang antara kedua pemimpin negara muncul pada momen penting saat tensi meningkat terkait status Taiwan dan saat pemerintahan Biden memangkas impor barang dari Tiongkok untuk membantu mengurangi tekanan inflasi bagi warga Amerika.

AS menyebut Tiongkok sebagai rival utamanya . Komunikasi dua arah tingkat tinggi penting untuk menjaga hubungan tetap stabil, dan tidak berubah menjadi konflik. Bulan lalu, Washington mendesak NATO untuk mengadopsi dokumen strategis yang menyebut Tiongkok sebagai tantangan keamanan.

Berbicara kepada wartawan pada Rabu (20/7), Biden menyatakan keraguannya pada rencana kunjungan Ketua Parlemen Nancy Pelosi ke Taiwan bulan depan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : -

Komentar

Komentar
()

Top