Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Perekonomian 2023 I Konsumsi Melambat karena Inflasi dalam Dua Bulan Terakhir

Target Pertumbuhan Ekonomi Sulit Dicapai

Foto : ISTIMEWA

Pertumbuhan Ekonomi

A   A   A   Pengaturan Font

» Pengendalian inflasi tidak sebaik tahun-tahun sebelumnya yang merujuk pada kenaikan harga beras, minyak goreng, dan cabai.

» Dengan konsumsi sebagai basis utama pertumbuhan maka serapan tenaga kerja dalam setiap persen pertumbuhan terus mengalami penurunan.

JAKARTA - Di penghujung tahun, target pertumbuhan ekonomi 2023 yang ditetapkan pemerintah 5,3 persen dinilai sulit untuk dicapai. Hal itu karena pertumbuhan sangat bergantung pada konsumsi, sedangkan daya beli masyarakat mulai turun di akhir tahun yang terlihat pada tergerusnya tabungan masyarakat.

Ekonom Celios, Nailul Huda, mengatakan pekerjaan rumah adalah mencapai target yang sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023. Jika melihat realisasi pertumbuhan ekonomi triwulan III sebesar 4,94 persen maka cukup sulit mencapai 5,3 persen sepanjang tahun, karena rerata selama tiga triwulan baru 5,05 persen.

Dengan pencapaian itu maka pada triwulan IV-2023 ekonomi harus tumbuh 5,25 persen untuk mencapai target 5,3 persen.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Selocahyo Basoeki Utomo S, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top