Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Samantha Power Dilantik Jadi Kepala USAID

Foto :  Istimewa

Samantha Powers

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Samantha Power pada Senin (3/5) dilantik oleh Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris sebagai Kepala Badan Urusan Pembangunan Internasional (US Agency for International Development/USAID).

Dikelilingi oleh anggota keluarganya, Power mengucapkan sumpah. Ia kemudian menyampaikan terima kasih kepada Harris dan pidato singkat tentang badan yang akan dipimpinnya.

"USAID adalah badan yang mengatasi masalah-malah paling pelik di dunia," ujar Power. "Bukan rahasia lagi bahwa kita menghadapi masalah itu sekarang ini akibat Covid-19 dan dampaknya pada ekonomi, membuat begitu banyak perkembangan positif yang telah kita capai dalam beberapa tahun ini mengalami kemunduran," imbuh dia.

Power juga mengatakan merasa sangat terhormat dengan kepercayaan yang diberikan Presiden Biden padanya.

Di era pemerintahan Barack Obama, Power merupakan Duta Besar AS Untuk Perserikatan Bangsaa-Bangsa (PBB). Selain itu ia juga menjabat di Dewan Keamanan Nasional.

Senat pekan lalu mengonfirmasi Power untuk memimpin badan itu dengan suara 68 banding 26. Dalam sidang konfirmasinya, Power ditanyai pandangannya soal imigrasi serta dukungannya atas campur tangan di Suriah dan Libya semasa pemerintahan Obama.

Sebagai kepala USAID, Power akan bertugas untuk mengawasi distribusi miliaran dollar bantuan asing Amerika. VoA/I-1



(ils/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top