Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Konflik di Myanmar I Junta Umumkan Darurat Militer di 8 Kota di Negara Bagian Shan

Puluhan Tentara Junta Menyerah kepada Pemberontak

Foto : AFP

Pengungsi I Warga Myanmar yang mengungsi berkumpul di lokasi pemberhentian truk di Kota Mong Yang di Negara Bagian Shan utara pada Rabu (15/11). Mereka terpaksa harus mengungsi setelah terjadi pertempuran sengit di negara bagian itu selama lebih dari dua pekan.

A   A   A   Pengaturan Font

Situasi bentrokan di Myanmar masih terus berlanjut dan tampaknya serangan dari kekuatan aliansi kelompok etnis minoritas berhasil mengalahkan kekuatan tentara junta di sejumlah negara bagian di wilayah perbatasan.

YANGON - Sebuah batalion infanteri ringan junta Myanmar dengan kekuatan lebih dari 120 tentara, dilaporkan telah menyerahkan diri kepada pasukan pemberontak etnis di Negara Bagian Shan utara pada Minggu (12/11) lalu. Penyerahan diri ini merupakan yang kedua kalinya dalam dua pekan terakhir

Seluruh anggota Batalion Infanteri Ringan 129, termasuk komandannya, dan 134 anggota keluarga mereka, menyerah pada Minggu kepada Aliansi Demokratik Nasional Myanmar (MNDAA), kata juru bicara kelompok pemberontak.

"Kami menyambut baik tentara junta yang telah menyerah kepada kami," kata juru bicara MNDAA, Li Kyarwen.

"Kami juga akan menjaga mereka. Korban luka mendapatkan perawatan medis. Kami telah dengan aman mengangkut mereka ke tujuan yang diharapkan," imbuh dia.

Batalion junta yang menyerahkan diri itu bermarkas di dekat perbatasan dengan Tiongkok di Laukkaing, salah satu dari sekitar setengah lusin wilayah di Negara Bagian Shan yang menjadi sasaran serangan militer terkoordinasi yang diluncurkan bulan lalu oleh aliansi tiga tentara etnis.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top