Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pesawat Hibrida untuk Penerbangan Jarak Pendek

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pesawat hibrida yang beroperasi menggunakan baterai dan disokong generator listrik menawarkan penerbangan jarak pendek. Produsen pesawat Heart Aerospace bersama maskapai penerbangan Air Canada dan Sevenair siap meluncurkan pesawat hibrida untuk layanan komersial pada 2028.

Menyusul Air Canada, maskapai Sevenair asal Portugal yang berbasis di Cascais, telah menandatanganiletter of intentdengan Heart Aerospace, sebuah perusahaan pembuat pesawat listrik asal Swedia. Perjanjian tersebut mencakup pembelian tiga pesawat Heart ES-30 listrik dengan opsi untuk tiga tambahan.

Sevenair saat ini mengoperasikan tujuh rute regional di Portugal, yang semuanya dapat dijangkau oleh Heart ES-30. Pesawat untuk penerbangan regional memiliki kapasitas 30 penumpang dengan pendorong empat baling-baling.

Pesawat ditargetkan melayani penerbangan komersial pada 2028 ini dirancang sebagai pesawat hibrida. Kombinasi baterai dan generator listrik atau disebut turbogenerator hibrida untuk mengisi listrik selama di udara. Bahan bakarnya dirancang 100 persen dari bahan bakar penerbangan yang berkelanjutan (sustainable aviation fuel/SAF).

Jangkauan dengan mode listrik penuh (all electric) Heart ES-30 dengan baterai terpasang dapat mencapai jarak jangkau 200 kilometer. Pada jarak ini memungkinkan maskapai terbang dalam emisi nol dengan tingkat kebisingan yang rendah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top