Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Penelitian Ungkap Stroke Tingkatkan Risiko Demensia

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Ketika seseorang mengalami stroke, aliran darah ke otak terganggu, dan akibatnya sel-sel mati atau rusak yang dalam banyak kasus dapat menyebabkan demensia. Dalam sebuah pernyataan ilmiah tahun lalu dari American Heart Association dan American Stroke Association, para ilmuwan memperkirakan bahwa lebih dari separuh orang yang selamat dari stroke akan mengalami masalah ingatan dan berpikir pada tahun berikutnya, dan sebanyak 1 dari 3 orang akan didiagnosis menderita demensia dalam waktu lima tahun.

Penelitian awal yang akan dipresentasikan minggu depan di Konferensi Stroke Internasional di Phoenix semakin mendukung bukti yang menunjukkan bahwa stroke secara signifikan meningkatkan risiko demensia. Penelitian yang melibatkan sekitar 180 ribu orang yang menderita stroke ini menemukan bahwa kemungkinan terjadinya demensia adalah 80 persen lebih besar pada penderita stroke dibandingkan dengan kelompok pembanding dari populasi umum. Risiko tersebut tetap tinggi bahkan setelah memperhitungkan faktor kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

"Hasil penelitian kami mengkonfirmasi risiko demensia yang tinggi secara unik setelah stroke," kata penulis utama studi Raed Joundi, MD, asisten profesor di McMaster University di Hamilton, Ontario, Kanada, dan seorang penyelidik di Population Health Research Institute, sebuah lembaga gabungan dari McMaster University dan Hamilton Health Sciences, dikutip dari Everyday Health, Jumat (9/1).

"Penelitian ini mengangkat pentingnya demensia sebagai komplikasi umum setelah stroke dan bahwa kita perlu mencari cara untuk menurunkan risiko demensia pada populasi ini," tambahnya.

Joundi dan timnya menemukan bahwa kemungkinan terkena demensia paling tinggi pada tahun pertama setelah stroke, peningkatan risiko hampir tiga kali lipat.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top