Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kabar Buruk Buat Xi Jinping! Amerika Serikat Rencanakan Kerja Sama dengan Militer Taiwan, Siap Lawan Tiongkok?

Foto : Reuters

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengungkapkan Amerika Serikat (AS) tengah merencanakan kerja sama antara Garda Nasional AS dan militer Taiwan. Kerja sama itu dinilai akan memperdalam hubungan keamanan untuk menghadapi apa yang dikeluhkan Taipei sebagai ancaman yang terus meningkat dari Tiongkok.

AS adalah pendukung dan pemasok senjata internasional terpenting Taiwan, meski kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik formal.

Di sisi lain, Tiongkok terus meningkatkan aktivitas militernya di dekat Taiwan untuk menegaskan klaim kedaulatan atas pulau itu.

Militer Tiongkok mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya baru-baru ini melakukan latihan di sekitar Taiwan sebagai "peringatan serius" terhadap "kolusi" antara Taiwan dan AS.

Latihan itu digelar setelah Presiden AS Joe Biden menyulut amarah Tiongkok dengan pernyataannya yang memberi sinyal adanya perubahan kebijakan "ambiguitas strategis" AS terhadap Taiwan. Dia mengatakan bahwa AS akan terlibat secara militer jika Tiongkok berencana menyerang pulau itu.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top