Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Jepang dan Asean Sepakati Kerja Sama Keamanan

Foto : NHK
A   A   A   Pengaturan Font

Menanggapi peningkatan aktivitas maritim Tiongkok, Jepang dan Asean diperkirakan akan sepakat untuk memperkuat kerja sama keamanan

TOKYO - Jepang dan Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (Asean) diperkirakan akan sepakat untuk memperkuat kerja sama keamanan dalam pertemuan puncak khususnya akhir pekan ini, dengan mengingat peningkatan aktivitas maritim Tiongkok.

Kantor berita NHK pada Selasa (12/12) melaporkan bahwa pihaknya telah memperoleh rancangan dokumen yang dimaksudkan untuk pertemuan puncak tiga hari yang akan dimulai pada Sabtu (16/12) di Tokyo.

"Pertemuan tersebut diselenggarakan untuk menandai 50 tahun persahabatan dan kerja sama antara Jepang dan Asean," lapor NHK.

Sebuah rancangan pernyataan yang menguraikan visi bersama para pemimpin terdiri dari tiga pilar, termasuk promosi pertukaran antargenerasi. Mengenai perdamaian dan stabilitas, draf itu menyerukan penguatan kerja sama keamanan, termasuk kerja sama keamanan maritim.

Hal ini tampaknya merupakan respons terhadap peningkatan aktivitas Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan (LTS), yang sebagiannya memiliki klaim teritorial yang saling bertentangan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat, Berbagai Sumber

Komentar

Komentar
()

Top