Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Jembatan Gantung Rusak, Tentara Turun Tangan

Foto : Istimewa

Prajurit TNI turun tangan memperbaiki jembatan gantung yang rusak karena air sungai meluap di Kampung Arso, Papua.

A   A   A   Pengaturan Font

JAYAPURA - Jembatan gantung rusak, tentara turun tangan. Itulah cerita dari dari Kampung Arso, sebuah kampung yang ada di Kabupaten Keroom, Papua. Di kampung itu, ada sebuah jembatan gantung yang jadi urat nadi warga saat hendak ke kebun.

Tapi, hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Keerom, khususnya Kampung Arso pada awal bulan April 2021 mengakibatkan air sungai Tami meluap. Sehingga jembatan gantung yang berada di Bendungan Tami mengalami kerusakan.

Tidak tinggal diam, para Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Bendungan Tami langsung turun tangan. Mereka, tanpa diminta langsung membantu memperbaiki jembatan gantung yang rusak akibat air sungai meluap.

"Rusaknya jembatan gantung tersebut disebabkan karena ada pohon kayu besar yang hanyut di bawa banjir dan menyangkut di badan jembatan gantung," kata Komandan Pos (Danpos) Bendungan Tami Lettu Inf Arjunti Harahap dalam keterangan tertulisnya yang diterima Koran Jakarta, Minggu (11/4).

Menurut Lettu Arjunti, rusaknya jembatan mengakibatkan warga Kampung Gambut dan Kampung Swakarsa tidak bisa lewat. Padahal jembatan gantung itu yang selalu dipakai warga untuk menuju ke lokasi kebun mereka yang ada di seberang sungai.

"Menyadari kesulitan warga tersebut, saya bersama anggota dan warga langsung terjun ke lokasi untuk memperbaiki jembatan gantung supaya bisa digunakan kembali. Upaya ini harus dilakukan secepat mungkin guna membantu masyarakat agar bisa mengakses kembali jembatan yang rusak akibat banjir, sehingga hal ini tidak berkepanjangan dan menghambat perekonomian warga," tuturnya.

Lettu Arjunti menambahkan, setelah dilakukan perbaikan, jembatan gantung tersebut, kini sudah dapat digunakan kembali oleh warga. Kata dia, apa yang dilakukan para prajurit TNI ini merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap kesulitan yang dihadapi oleh warga sekitar. Selain untuk memperkuat jalinan kedekatan dengan warga. Sehingga, kemanunggalan TNI dan rakyat bisa terwujud.

Sementara itu, salah seorang warga Kampung Arso mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Yonif 131/Brs, yang telah membantu memperbaiki jembatan gantung yang sangat bermanfaat bagi warga. Dengan kembali berfungsinya jembatan, warga Kampung Gambut dan Kampung Swakarsa bisa kembali ke kebun dengan mudah.




Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Agus Supriyatna

Komentar

Komentar
()

Top