Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Jakarta Perlu Terobosan

A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Masri Hanus, Ma

Presiden Joko W i d o d o melantik pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara pada 16 Oktober 2017. Dengan demikian, sampai kini mereka menjabat dua bulan. Bagaimana kinerja berdua selama dua bulan ini? Warga Jakarta bisa membaca dan menilai pemikiran dan kinerja Anies-Sandi. Apakah inisiatif, kemampuan, dan kreativitas keduanya lebih baik dari Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, yaitu Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Djarot Saiful Hidayat?

Harapan seluruh warga DKI Jakarta juga warga Jabodetabek kinerja dan prestasi mereka lebih hebat, terutama dari Ahok dan Djarot. Hebat dalam artian bisa mewujudkan janjijanji kampanye. Hebat karena mampu melahirkan ide, gagasan, dan eksekusi secara cepat. Hebat karena melahirkan kebijakan/keputusan baru yang jempolan, bermanfaat bagi kepentingan sekitar 10 juta warga Jakarta.

Jakarta yang sarat dengan kompleksitas masalah terutama banjir, kemacetan, dan sampah seharusnya Anies-Sandi di awal kepemimpinan membuat keputusan baru sebagai terobosan penting mengatasi solusi masalah akut tersebut. Sangat disayangkan, langkah keduanya hanya baru sebatas tahapan mencabut, merevisi keputusan gubernur sebelumnya. Artinya, keputusan mereka sifatnya korektif atas keputusan lama yang ditetapkan gubernur sebelumnya.

Sebagian warga menyayangkan kepemimpinan Anies-Sandi seperti itu. Mengapa hanya mengoreksi keputusan. Apa gunanya? Mengoreksi keputusan tentang hal-hal yang tidak urgen untuk Jakarta menuju ke arah lebih baik. Keputusan ini mungkin hanya demi menyenangkan sebagian warga Jakarta, seperti para kolega, konstituen, dan pendukung Anies-Sandi.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top