Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Indahnya Bukit Cinta, Wisata Romantis di NTT

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kawasan wisata Labuan Bajo biasanya dikenal dengan wisata Taman Nasional Komodo. Namun tak hanya komodo, Labuan Bajo juga memiliki keindahan alamnya.

Untuk menikmati keindahan alam Labuan Bajo ternyata tidak hanya harus mengeluarkan biaya mahal.

Di dekat Labuan Bajo, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah tanpa membayar tiket masuk. Bukit Cinta adalah salah satunya atau lebih dikenal dengan Bukit Silvia.

Lokasi persis Bukit Cinta yakni di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tempat ini terletak di sisi kanan di pesisir utara Pulau Flores. Di sini wisatawan dapat mengunjungi berbagai spot fotografi dengan latar pemandangan alam, salah satunya Laut Flores.

Hamparan bukit dengan luas sekitar puluhan hektar disebut bukit cinta karena bukit ini sering digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta kepada para pemuda dan pemudi Kupang.

Setiap sore, bukit ini tidak pernah terlihat sepi. Selalu ada rombongan anak muda yang sepertinya memanfaatkan bukit ini sebagai tempat berkumpul, ngobrol, dan berfoto ria.

Kita bisa melihat banyak keunikan di bukit cinta. Misalnya, prasasti cinta telah menjadi lokasi foto yang menarik bagi anak muda di Kupang. Prasasti itu juga dihiasi dengan dua tangan yang membentuk hati dari jari-jarinya. Tentunya hal ini akan membuat foto semakin romantis. Apalagi saat foto diambil dengan pasangan hidup atau pasangan kita.

Keunikan lain yang juga bisa disaksikan di objek wisata Bukit Cinta ini adalah hamparan padang rumput gersang yang luas menjadi tempat yang menarik di mata wisatawan. Padang rumput yang luas ini membuat pengunjung penasaran dan berharap bisa menyaksikan keindahan yang disajikan sendiri.

Perbukitan juga bisa dijadikan jogging track, cocok buat yang ingin berolahraga santai pagi / malam. Pemandangan di dekat Bukit Cinta juga sangat indah bila diabadikan oleh para pecinta fotografi.

Di balik perbukitan hijau terdapat pemandangan goa unik peninggalan Belanda. Diketahui bahwa gua tersebut adalah tempat persembunyian penjajah Jepang selama Perang Dunia II. Gua-gua heritage tersebut langsung terhubung dengan gua-gua yang berada di dekat wisata pantai Lasiana.

Selain itu, juga terdapat pepohonan bakau yang rimbun di sepanjang pantai Teluk Nanga Lo.

Bukit Cinta adalah tempat yang sangat indah untuk menyaksikan matahari terbenam. Dari puncak gunung, pengunjung bisa melihat indahnya sinar matahari yang perlahan turun. Seolah tenggelam di balik lautan luas. Tinggalkan garis oranye yang bersinar ke segala arah.

Momen ini begitu romantis, apalagi disaksikan di puncak gunung. Tentunya menontonnya bersama kerabat akan lebih berkesan. Atau habiskan waktu bahagia bersama teman-teman. Jika Anda ingin menyendiri, momen ini juga tepat, karena membawa kedamaian bagi semua penampilan.

Wisatawan dapat memasuki tempat wisata yang terletak di pinggir jalan raya dan berjarak sekitar 2 kilometer dari bandara, Wisatawan dapat menggunakan transportasi umum yaitu jalur Kupang-Penfui.

Bagi yang ingin praktis bisa menggunakan jasa ojek lokal yang biasanya nongkrong di bundaran dekat lokasi.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan antara lain lari santai, menjelajahi gua-gua peninggalan Jepang, berburu foto lanskap perbukitan, dan bersantai bersama teman sambil berfoto.

Harga Tiket Masuk (HTM) Gratis, tidak dipungut biaya masuk untuk dapat menikmati keindahan bukit ini. Hanya saja pengunjung harus tetap menjaga kebersihan lokasi dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Tidak terdapat fasilitas penunjang apapun, namun di sekitar lokasi banyak pepohonan besar yang dapat digunakan untuk berteduh dari terik matahari dan beristirahat sejenak sambil menikmati semilir angin.

(arisn/FBC)
Redaktur : Fiter Bagus

Komentar

Komentar
()

Top