Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hipertensi, The Silent Killer yang Perlu Diwaspadai

Foto : istimewa

dr wirawan

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Hipertensi, atau dikenal juga dengan istilah tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum dijumpai di masyarakat. Sayangnya seringkali penderitanya tidak disadari jika mengalami kondisi tersebut.

"Jika tidak dikelola dengan baik, kondisi ini berisiko menimbulkan masalah terhadap kesehatan," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah - Puri Indah, dr. Wirawan Hambali, Sp. P. D., FINASIM, melalui keterangan tertulis, Selasa (10/10).

Ia menerangkan, secara teori hipertensi adalah kondisi medis di mana tekanan darah dalam arteri tubuh meningkat secara persisten. Sementara itu, tekanan darah merupakan kekuatan yang diberikan oleh darah saat mengalir melalui arteri.

Hipertensi sering disebut sebagai pembunuh diam-diam atauthesilent killerkarena umumnya tidak menimbulkan gejala yang jelas pada penderitanya, tetapi berisiko menyebabkan masalah serius pada pembuluh darah dan organ penting tubuh, seperti jantung, otak, mata, ginjal, dan organ tubuh lainnya jika tidak ditangani dalam jangka panjang.

"Berdasarkan panduan American College of Cardiology/American Heart Association tahun 2017, hipertensi dapat didiagnosis apabila tekanan darah menetap tinggi lebih dari satu kali pengukuran yaitu jika menetap lebih dari sama dengan 130 per 80 mmHg," ungkap dr. Wirawan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top