Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Gempa Dahsyat 7,7 SR Guncang Karibia

Foto : ANTARA/Harianto

Ilustrasi Gempa Bumi

A   A   A   Pengaturan Font

HAVANA - Gempa dahsyat berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang laut selatan Kuba pada Selasa (28/1) setempat atau Rabu (29/1) pagi WIB. Akibat guncangan kuat itu telah memicu peringatan tsunami di Kuba, Jamaika dan Kepulauan Cayman.

"Episentrum gempa, awalnya dilaporkan berkekuatan 7,3 sebelum ditingkatkan menjadi 7,7 skala Richter, berada antara Jamaika, Kepulauan Cayman dan Kuba, pada kedalaman 6,2 mil (10 kilometer)," lapor Badan Survei Geologi AS (USGS) dan Pusat Informasi Tsunami Internasional.

"Gempa itu tidak terasa kuat di ibu kota Kuba, Havana, atau di Kingston, Jamaika," menurut saksi mata kepada kantor berita Reuters.

Sementara itu, Mikhail Campbell, seorang petugas hubungan media kepolisian di Kepulauan Cayman, mengatakan, ia tidak segera mengetahui adanya laporan kerusakan serius akibat gempa tersebut, tetapi peringatan tsunami segera dikeluarkan.

"Gelombang berbahaya tsunami dari gempa ini dimungkinkan hingga 300 kilometer (186 mil) dari pusat gempa di sepanjang pantai Jamaika, Kepulauan Cayman dan Kuba," kata Pusat Informasi Tsunami Internasional.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top