Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

AS dan Tiongkok Rampungkan Perundingan di Alaska Tanpa Pernyataan Bersama

Foto : KBS/YONHAP News
A   A   A   Pengaturan Font

ANCHORAGE - Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok mengakhiri pembicaraan tingkat tinggi dua hari mereka di Alaska tanpa menghasilkan pernyataan bersama.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dan Kepala Urusan Luar Negeri Partai Komunis Yang Jiechi di Anchorage, Alaska, pada Kamis (18/3) dan Jumat (19/3) lalu.

"AS dan Tiongkok telah mengadakan pembicaraan yang sulit untuk membahas berbagai masalah," ucap Sullivan mengatakan kepada wartawan usai pertemuan itu seperti dilansir KBS News, Senin (22/3).

Lebih lanjut dia mengatakan Washington DC akan terus berkonsultasi dan bekerja sama dengan Tiongkok.

Blinken juga mengatakan bahwa dia sudah terus terang berbicara dengan Tiongkok atas masalah Korea Utara dan Iran, namun kedua belah pihak memiliki kepentingan yang berbeda terhadap kedua negara itu dan perubahan iklim.

Yang Jiechi mengatakan dialog strategis tingkat tinggi itu terlaksana secara jujur, konstruktif dan bermanfaat, meskipun masih terdapat sejumlah perbedaan penting antara kedua belah pihak.

Ia melanjutkan bahwa kedua pihak harus menangani hubungan bilateral dengan semangat tanpa konflik kepentingan dan saling menghormati, sehingga dapat memajukan hubungan di jalur yang lebih sehat dan kondusif. KBS/I-1




Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top