Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Evaluasi Belajar | Sebanyak 4.295.346 Siswa SMP/ MTs Ikuti Ujian Nasional

2019, Porsi Soal Ujian Nasional Kategori Sulit Ditambah

Foto : ISTIMEWA

Menteri Pendidikan dan Ke­budayaan (Mendikbud), Mu­hadjir Effendy.

A   A   A   Pengaturan Font

Siswa peserta ujian nasional SMP/MTs tidak terfokus pada bayang-bayang sulitnya soal HOTS seperti yang banyak dikeluhkan siswa SMA/SMK beberapa waktu lalu.

JAKARTA - Jumlah soal-soal Ujian Nasional (UN) yang membutuhkan daya nalar tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS) akan ditambah mulai tahun depan. Tahun ini soal kategori HOTS baru 10 persen, padahal seharusnya sudah mencapai 25 persen dari jumlah soal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy meminta agar siswa peserta ujian nasional SMP/MTs tidak terfokus pada bayang-bayang sulitnya soal HOTS seperti yang banyak dikeluhkan siswa kelas XII pada UN SMA/SMK lalu. "Jangan takut, soal HOTS itu hanya 10 persen dari total soal," kata Muhadjir di Jakarta, Minggu (22/4).

Seperti diketahui bahwa sebanyak 4.295.346 siswa kelas IX SMP dan MTs akan mengikuti ujian nasional yang digelar23-26 April 2018.

Menurut Muhadjir, keluhan banyak siswa tingkat SMA/SMK tentang sulitnya soal disebabkan karena mereka terlalu terfokus pada soal-soal yang 10 persen tersebut. "Saya yakin, anak-anak yang mengeluh hanya karena terfokus pada beberapa soal HOTS yang tidak bisa dia kerjakan, padahal soal yang bisa dikerjakan pasti banyak," ungkap dia.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top