Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Wahana Luar Angkasa Osiris-Rex dalam Perjalan Pulang ke Bumi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) pada Senin (10/5) melaporkan bahwa wahana luar angkasa Osiris-Rex telah meninggalkan orbit asteroid Bennu dan memulai perjalanan panjang menuju Bumi.

"Osiris-Rex saat ini bergerak melesat dengan kecepatan 600 mil per jam dari Bennu dan dalam perjalan pulang," ucap ketua misi Osiris-Rex, Dante Lauretta.

Tahun lalu Osiris-Rex berhasil mengambil sampel debu dan fragmen dari asteroid Bennu seberat lebih dari 60 gram dan wahana ini diperkirakan akan mendarat di gurun Utah, AS, pada 24 September 2023 setelah menempuh perjalanan sejauh 2,3 miliar kilometer.

Menurut NASA, setiba di Bumi, sampel dari asteroid Bennu akan dibawa Pusat Luar Angkasa Johnson di Houston dan sebanyak 75 persen dari sampel itu akan disimpang bagi generasi yang akan datang agar bisa diteliti dengan teknologi canggih yang belum ditemukan saat ini.

"Analisa ini akan memberikan pengertian pada ilmuwan atas formasi tata surya dan pembentukan Bumi hingga bisa dihuni saat ini," kata NASA. SB/AFP/I-1



(AFP/SB/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top