Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Tips Sederhana Mengontrol Hipertensi

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Hipertensi atautekanandarahtinggi adalah kondisi ketika tekanan darah di 130/80 mmHg atau lebih. Tekanan darah tinggi juga disebut "silent killer" karena sering kali tidak menunjukkan gejala. Hipertensi bisa memicu munculnya penyakit-penyakit serius lainnya, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke apabila tidak segera ditangani.

Menurut WHO, kondisi hipertensi terjadi saat hasil pembacaan tekanan darah sistolik lebih dari atau sama dengan 140 mmHg, diastolik lebih dari atau sama dengan 90 mmHg.Angka pertama (sistolik) merujuk ke tekanan dalam pembuluh darah ketika jantung berdetak. Sedangkan angka kedua (diastolik) mewakili tekanan di dalam pembuluh darah ketika jantung beristirahat di antara detak jantung.

Bagi para penderita hipertensi, cara yang paling efektif untuk mengontrol tekanan darah adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut beberapa tips untuk mengendalikan tekanan darah:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea) yang bisa menyebabkan meningkatnya tekanan. Umumnya, tensi bisa turun satu mmHg dari setiap penurunan berat badan per satu kilogram.

2. Mengurangi Asupan Garam

Mengurangi asupan garam dan natrium sedikit saja diyakini dapat meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah sekitar 5-6 mmHg bila Anda memiliki hipertensi.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi garam atau natrium tidak lebih dari 2.300 mg atau setara dengan satu sendok teh per hari. Namun, bila sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi, Anda disarankan untuk mengonsumsi garam atau natrium tidak lebih dari 1.500 mg per hari.

3. Rutin Olahraga

Olahraga ataupun melakukan aktivitas fisik lainnya diyakini mampu menurunkan tekanan darah sekitar 5-8 mmHg bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Usahakan untuk konsisten berolahraga 30 menit setiap hari Bila Anda berhenti berolahraga, tekanan darah Anda bisa naik kembali. Cobalah untuk jalan kaki, jogging, bersepeda ataupun berenang.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Rokok mengandung nikotin dan zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis. Pembuluh darah yang menyempit dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah.

5. Biasakan Konsumsi Makanan Sehat

Mulailah untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat di hidup Anda. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak serta mengurangi lemak jenuh dan kolesterol. Pertimbangkan pula untuk mengonsumsi makanan yang kaya potasium karena dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah.

6. Kurangi Konsumsi Alkohol

Alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan mengurangi efektivitas obat darah tinggi yang Anda minum. Dengan mengurangi ataupun menghindari asupan alkohol ke tubuh Anda, tekanan darah Anda berpotensi menurun hingga 4 mmHg.

7. Kendalikan Stres

Stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena, bila Anda yang mengalami strescenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, minum alkohol atau merokok. Anda bisa mengalihkan stres Anda dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai seperti mengerjakan hobi Anda.

(arn/FBC)
Redaktur : FBC

Komentar

Komentar
()

Top