Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pandemi Global

Tingkat Mutasi Varian Covid-19 Botswana Sangat Tinggi

Foto : MONIRUL BHUIYAN / AFP

VARIAN BOTSWANA I Penumpang mengenakan masker untuk pencegahan penyebaran virus korona sebelum naik taksi di Gaborone, Botswana, beberapa waktu lalu. Ilmuwan memperingatkan virus korona varian Botswana mendorong penularan virus lebih lanjut.

A   A   A   Pengaturan Font

LONDON - Para ilmuwan memperingatkan bahwa virus korona B.1.1529 atau varian Botswana, turunan dari B.1.1 dapat mendorong penularan virus lebih lanjut.

Kasus pertama yang ditemukan adalah tiga di Botswana, diikuti oleh enam kasus lainnya di Afrika Selatan, dan satu di Hong Kong yang melibatkan seorang pelancong yang kembali dari Afrika Selatan.

Umumnya, mutasi lonjakan memungkinkan virus untuk beradaptasi dan menjadi lebih ganas, dan lebih mampu menghindari kekebalan alami dan vaksin.

Ahli virologi di Imperial College London, Dr Tom Peacock, mengatakan varian itu bisa menjadi "perhatian nyata" karena 32 mutasi pada protein lonjakannya dapat memungkinkannya untuk lebih mudah menghindari sistem kekebalan seseorang dan menyebar ke lebih banyak orang.

"Sangat, sangat harus dipantau karena profil lonjakan yang mengerikan yang dapat membuatnya lebih menular daripada varian lain sejauh ini," ujarnya di Twitter.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top