Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Arah Pembangunan I Bansos Tidak Menyelesaikan Masalah Kemiskinan dan Ketimpangan

Tak Satu Pun Negara Mampu Terus Salurkan Bansos Tanpa Membangun Fondasi Ekonominya

Foto : ISTIMEWA

ACHMAD MARUF Pengamat Ekonomi UMY - Dia pikir bisa mengguyur dengan bansos. Tapi, dia tidak pernah berpikir kalau rupiah jebol, nilai tukarnya semakin melemah terhadap Dollar AS. Apalagi kalau fondasi ekonomi dan politik kita rapuh seperti saat ini, tidak bisa hanya mengandalkan bansos.

A   A   A   Pengaturan Font

» Kalau fondasi ekonomi dan politik rapuh seperti saat ini, tidak akan bisa hanya mengandalkan bansos.

» Problem struktural mesti diselesaikan secara struktural juga melalui demokratisasi perekonomian.

JAKARTA - Indonesia ke depan harus melakukan transformasi untuk menegaskan arah pembangunan ekonomi dan politik ke depan. Hal itu penting untuk memperkuat fondasi ekonomi dan sistem politik agar lebih tahan menghadapi berbagai tantangan.

Pengamat ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Achmad Maruf, yang diminta pendapatnya dari Jakarta, Senin (19/2), mengatakan jika dalam enam tahun ke depan Indonesia kehilangan misi pembangunannya, maka ke depan akan makin kehilangan kesempatan untuk bersaing di kancah global.

"Selama ini kita kalah, tidak punya daya saing industri dasar, teknologi, ditambah kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat rendah, lapangan kerja yang kian menipis. Kalau toh pemerintah menyerap lapangan kerja, hanya sebagai birokrasi yang tidak punya produktivitas. Kalau demikian, apa yang diharapkan 10 tahun ke depan kalau politik tidak jelas," kata Maruf.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top