Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Strategi Gaya Hidup untuk Cegah Kanker Payudara

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pilihan nutrisi dan gaya hidup memiliki peran penting dalam pencegahan kanker payudara. Ini sebagai bentuk upaya untuk melawan ancaman kanker payudara yang terus meningkat.

Kanker payudara telah muncul sebagai masalah yang mendesak, terutama di daerah perkotaan, dengan pilihan gaya hidup dan status gizi di garis depan tantangan yang terus meningkat ini. Awalnya, faktor risiko utama adalah usia dan jenis kelamin, tetapi lanskapnya telah berevolusi.

Ahli Bedah Onkologi di Rumah Sakit Wockhardt di Mumbai Central, Dr Meghal Sanghavi mengungkapkan, westernisasi gaya hidup telah menjadi kontributor yang signifikan terhadap lonjakan kasus kanker payudara di negara-negara seperti India. Faktor-faktor risiko yang dulunya terbatas pada usia dan jenis kelamin telah meluas hingga mencakup konsumsi alkohol, merokok, obesitas, dan tingkat stres yang tinggi.

"Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan pergeseran ke arah makanan cepat saji dan junk food telah membawa perubahan hormonal ke dalam persamaan, dengan menarche dini dan menopause yang terlambat juga berkontribusi terhadap meningkatnya angka kanker payudara. Namun, faktor-faktor risiko ini bukannya tidak dapat diatasi," katanya, dikutip dari Hindustan Times, Rabu (17/1).

Pakar kesehatan menyarankan, untuk menerapkan gaya hidup yang disiplin, memprioritaskan aktivitas fisik, dan terhubung kembali dengan akar budaya, yakni dengan menavigasi dunia modern dengan lebih bijaksana. Sangat penting untuk mencapai keseimbangan, dengan menyadari bahwa ada titik di mana kita harus berhenti mengejar gaya hidup modern tanpa henti dan kembali ke dasar-dasar kesejahteraan. Melalui pilihan sadar dan kembali ke warisan budaya kita, kita dapat secara aktif memerangi prevalensi kanker payudara, menjadikan pencegahan sebagai tujuan yang dapat dicapai.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top