Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
TEKNO - TEKNOLOGI TABLET

Sejarah Tablet PC

Foto : ist
A   A   A   Pengaturan Font

Dimulai pada tahun 1968, seorang ilmuwan komputer bernama Alan Kay mengemukakan bahwa dengan kemajuan flatpanel dalam teknologi layar, user interface, miniaturisasi komponen komputer dan beberapa pekerjaan eksperimental dalam teknologi WiFi. Pada tahun 1972, konsepnya mengenai tablet pc (Komputer Tablet) tersebut dinamakan Dynabook.

Alan Kay menjelaskan secara rinci bahwa perangkat tersebut merupakan perangkat komputer personal yang cocok untuk anak-anak dan mempunyai komponen hardware yang lengkap seperti layar, processor, dan memori penyimpanan. Saat itu Alan Kay membayangkan Dynabook memiliki berat kurang dari 1 kilogram, dan memiliki kecerahan sekitar 1 juta pixel dan mempunyai tenaga sendiri serta stylus atau pen.

Ini merupakan gagasan yang sangat menarik, mengingat ditahun tersebut laptop dan komputer rumahan masih merupakan hal baru dan laptop belum diciptakan. Kemudian di penghujung tahun 80an, gagasan Alan Kay menjadi kenyataan dengan munculnya Tablet PC (Komputer Tablet) pertama di dunia yang bernama GridPad. Ini merupakan Tablet PC (Komputer Tablet) pertama yang dijual secara massal oleh Grid Systems, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Silicon Valley, Amerika. Gridpad laris dipasaran dengan harga sekitar 3 ribu dollar AS, konsumen terbanyaknya adalah perusahaan besar serta instansi pemerintah.

Hal ini menjadikan produsen Gridpad yakni Grid Sytems berhasil meraup hasil penjualan hingga 30 juta dollar AS. Seperti pada gambar yang tertera di sebelah kiri merupakan bentuk perkembangan komputer tablet. Pada saat ini komputer tablet sudah banyak diproduksi di perusahaan teknologi seperti Samsung, Apple, XioMi, dll. Berkembangnya komputer tablet semakin banyak diminati masyarakat luas.

1980an
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top