Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kabar Buruk Bagi Putin! Artileri Howitzer yang Dipasok AS ke Ukraina Terbukti Sangat Efektif Melawan Rusia

Foto : Canada MoD

Howitzer

A   A   A   Pengaturan Font

Pejabat senior Departemen Pertahanan pada konferensi pers Pentagon pada Senin (16/5) mengatakan Howitzer M777 155mm yang dipasok oleh Amerika Serikat (AS) dan jenis lain yang dipasok oleh sekutu dan negara mitra ke Ukraina dilaporkan memiliki dampak yang besar di medan perang.

"Anda sudah melihat orang-orang Ukraina telah melakukan serangan balasan di Donbas (wilayah Ukraina). Mereka berhasil merebut kembali beberapa kota yang telah direbut Rusia setelah invasi," kata pejabat itu, seperti dilansir dari laman resmi Departemen Pertahanan AS.

Secara terpisah, Pemerintah Ukraina melaporkan militer negaranya yang bertugas mempertahankan kota Kharkiv berhasil memukul mundur pasukan Rusia. Militer Ukraina bahkan dikabarkan terus maju hingga ke perbatasan Rusia. Kementerian Pertahanan Ukraina melalui laman Facebook resminya mengatakan Batalyon 227 dan Brigade ke-127 Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina telah mencapai perbatasan dengan Rusia. Tak hanya itu, Kementerian juga mempublikasikan sebuah video di Facebook yang menunjukkan sekitar 12 tentara Ukraina berada di pos perbatasan dengan warna bendera Ukraina pada Minggu (15/5).

Howitzer M777 sendiri adalah meriam artileri 155 mm yang merupakan turunan dari howitzer M198 dalam Korp Marinir AS dan Angkatan Darat AS sejak 2005. Artileri buatan perusahaan asal Inggris yang bernama BAE Systems Sampai saat ini sudah digunakan oleh 5 negara di dunia, yakni Australia, Amerika Serikat, Kanada, India dan Saudi Arabia. artileri howitzer M777 menjadi populer setelah sukses digunakan dalam berbagai konflik di timur tengah, seperti perang Irak, Afghanistan, Suriah, Yaman sampai peperangan melawan ISIS. Termasuk dalam field artileri, Howitzer M777 dapat dimobilisasi dengan mudah dan memiliki daya tembak hingga 40 kilometer.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin melakukan percakapan dengan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov. Reznikov mengatakan kepada Austin bahwa 74 dari 90 meriam artileri M777 yang dipasok AS ke Ukraina telah digunakan dalam pertempuran. Dirinya menuturkan artileri M777 mampu memberikan tembakan tidak langsung jarak jauh. Reznikov juga menuturkan Howitzer M777 digunakan tidak hanya di daerah Kharkiv tetapi di tempat lain di wilayah Donbas, Ukraina Timur.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Suliana

Komentar

Komentar
()

Top