Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Suku Bunga - Ruang Pelonggaran Moneter Sudah Habis

Bunga Acuan BI Mesti Dinaikkan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Tahun depan, BI tak akan kuat jor-joran cadangan devisa untuk jaga kurs rupiah. Ancaman inflasi pangan bisa membuat inflasi akhir tahun ini melampaui target.

JAKARTA - Indonesia diharapkan segera mengantisipasi tantangan global tahun depan berupa tren pengetatan kebijakan moneter negara maju dan ancaman inflasi dari dalam negeri dengan menaikkan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Pengetatan moneter global itu ditandai oleh keputusan bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, menaikkan suku bunga acuan sebesar 0,25 persen menjadi 1,25-1,50 persen pada Rabu (13/12).

Langkah itu diikuti oleh bank sentral Tiongkok yang mengerek reverse repurchase agreement tujuh hari dan 28 hari sebesar lima basis poin. Ekonom Indef, Bhima Yudhistira, mengatakan kenaikan suku bunga The Fed yang ketiga kalinya tahun ini dan pemangkasan pajak di AS membuat ruang pelonggaran moneter di Indonesia sudah habis.

Dari dalam negeri, lanjut dia, cuaca buruk mengancam inflasi sebab kenaikan harga komoditas pangan utama seperti cabai, bawang merah, dan sebagainya membuat inflasi pangan sampai akhir tahun bisa mencapai 3,7 persen. Di sisi lain, tahun depan The Fed masih berpotensi untuk menaikkan suku bunga acuan hingga empat kali.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Eko S, Selocahyo Basoeki Utomo S, Vitto Budi, Antara

Komentar

Komentar
()

Top