Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Sandiaga: Desa Wisata Loang Baloq Paduan Ekraf dan Kearifan Lokal Buka Lapangan Kerja

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salhuddin Uno terus berjibaku. Khususnya, dalam upaya membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia. Setelah di hari yang sama beliau mengunjungi desa wisata Buwun Sejati yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, kali ini, Sandi mengunjungi desa wisata Loang Baloq, di Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Untuk Propinsi NTB terdapat dua desa wisata yang masuk sebagai 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022. Program ADWI sendiri telah memasuki tahun kedua yang mengusung tema 'Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit'. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing global, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan mensejahterakan rakyat.

Melalui program tersebut, Kemenparekraf/Baparekraf juga dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta). Itu merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf. Dari data kegiatan ADWI tahun 2021 terjaring 1.831 data desa wisata yang ada di Indonesia dan target di tahun 2022 adalah 3.000 desa wisata yang terjaring, tetapi yang mendaftar juga melebihi target yaitu sekitar 3400 desa wisata. Lonjakan desa wisata yang mendaftar ini menunjukkan animo yang sangat tinggi dari desa wisata dalam mengikuti program ADWI ini. Program ini juga guna mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia ke depan.

Tahun ini, Kemenparekraf/Baparekraf berkolaborasi dengan mitra strategis untuk bersama mengembangkan desa wisata. Terutama 50 desa wisata terbaik. Para mitra tersebut yakni Astra, BCA, BNI, dan Grab. Desa wisata Loang Baloq yang masuk sebagai 50 desa terbaik ADWI 2022 ini, juga mendapat kesempatan menjadi peserta program pembinaan dan pengembangan desa oleh mitra Kemenparekraf yaitu Grab. "Kita harapkan destinasi kombinasi antara destinasi Bali dan destinasi wisata religi ini, bisa menjadi satu kesatuan, yang bisa mampu membangkitkan ekonomi kita, membuka peluang usaha, dan juga lapangan kerja," ujar Sandi, disambut tepuk tangan Wali Kota Mataram Mohan Roliskana dan riuh dukungan masyarakat setempat.

Sandi mengaku terpesona dengan potensi Desa Wisata Loang Baloq yang epik. "Saya melihat kombinasi ini ada beberapa ya. Tapi ini yang paling epik ya. Tidak hanya dapet sunset, senja, tapi juga dapet wisata religinya. Dapet ekonomi kreatif, tapi juga ada kearifan lokalnya. Ini makamnya di dalam pohon. Dan spesial, saya baru pertama kali lihat ini. Jadi, pariwisata halal yang bisa kita angkat ke depan salah satunya juga bisa membuat travel plan yang bisa kita kembangkan untuk di Desa Wisata Loang Baloq ini," ungkap Sandi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top