Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Proyeksi Ekonomi I Tiongkok dan AS Merupakan Mitra Dagang Terbesar Indonesia

RI Harus Lebih Diversifikasi Pasar Ekspor dan Impor

Foto : Sumber: China NBS - afp
A   A   A   Pengaturan Font

» Kebergantungan pada impor bahan baku dari Tiongkok tidak bagus sehingga substitusi impor perlu dipercepat agar lebih efisien.

» Pertumbuhan PDB AS yang lebih tinggi dari perkiraan cenderung meningkatkan risiko kebijakan suku bunga "higher for longer"

JAKARTA - Pemerintah diminta terus memperluas hubungan dagang dengan banyak negara, bukan hanya bergantung pada negara-negara tertentu seperti Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Pentingnya memperluas mitra dagang tersebut agar Indonesia tidak mudah tertular dampak dari kondisi perekonomian di negara mitra tersebut.

Pengamat ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya, Imron Mawardi, di Surabaya, Senin (29/1), mengatakan Tiongkok memiliki hubungan dagang yang luas termasuk dengan negara-negara berkembang seperti Indonesia sehingga perlambatan yang terjadi di negara mitra akan memberi dampak.

"Salah satu sumber penularan risiko adalah hubungan perdagangan, sehingga jika sampai terjadi penurunan ekspor ke sana bisa menimbulkan tekanan ke Indonesia. Ini terjadi karena ekspor komoditas kita seperti batu bara, baja, kertas cukup besar ke Tiongkok," kata Imron.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top