Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pendidikan Tinggi

Rencana Hadirkan Dosen Asing Perlu Diuji

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Rencana pemerintah mendatangkan dosen asing ke dalam negeri masih perlu diuji penerapannya. Untuk tahap awal, sebaiknya diuji di beberapa perguruan tinggi dulu, sebelum akhirnya diterapkan sepenuhnya secara nasional.


"Kami sarankan pemerintah (Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi) membuat proyek percontohan terlebih dahulu pada rencana mendatangkan dosen asing ke Indonesia.

Ada baiknya program tersebut dijalankan di beberapa universitas dulu, sambil terus diperbaiki mekanisme administrasi, kolaborasi dengan dosen di kampus penerima dan perbaikan pengurusan visa," kata Rektor Universitas Paramadina, Firmanzah dalam Diskusi Menyiapkan Dosen Masa Depan, di Jakarta, Kamis (19/4).


Firmanzah khawatir, jika program tersebut diterapkan dengan minim persiapan akan menimbulkan resistensi yang menjauhkan dari tujuan semula, yakni meningkatkan kualitas pendidikam nasional. "Jangan sampai program belum ada persiapan yang matang di segala hal langsung diterapkan secara nasional," tegas dia.


Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) berencana mendatangkan 200 dosen asing ke Tanah Air. Dosen tersebut akan didatangkan dari berbagai negara, di antaranya Amerika, Australia, Jepang, Korea, dan Eropa untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top